Laporan Penelitian Indeks Glikemik

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur nilai indeks glikemik (Glycemic Index / GI) dari NutriShake, yang desebut 'InZone Omega Plus' selama perkembangannya. Sebuah kelompok yang terdiri dari 10 orang (dua wanita dan delapan pria) 18-45 tahun, sehat dan bebas asap rokok direkrut dari populasi staf dan mahasiswa University of Sydney. Rata-rata usia subjek adalah 23.3 tahun dan nilai rata-rata BMI grup tersebut adalah 21.9 kg/m2.

Referensi makanan (gula glukosa murni yang dilarutkan dalam air) dan makanan yang diuji (NutriShake) disajikan kepada subjek dalam jumlah tetap dengan kandungan 10 gram Karbohidrat yang tersedia (dapat dicerna) pada waktu yang berbeda. Sampel darah dikumpulkan pada menit ke-15, 30, 45, 60, 90 dan 120 setelah mengkonsumsi minuman tersebut. Kurva reaksi glukosa darah selama dua jam dibentuk untuk setiap subjek yang menggunakan konsentrasi rata-rata glukosa darah untuk tujuh sampel darah mereka.

Nilai GI NutriShake dihitung untuk setiap subjek. Dengan glukosa sebagai referensi makanan (GI= 100), makanan dengan nilai GI dibawah 55 saat dianggapa makanan GI rendah. Makanan dengan nilai GI antara 56-69 adalah GI menengah atau moderat, dan GI diatas 70 adalah makanan dengan GI tinggi.

NutriShake yang dibuat menggunakan air, memiliki nilai GI sangat rendah 28 - lebih rendah dibandingkan makanan yang terbuat dari susu dan minuman bubuk yang mengandung susu sebagai pengganti makanan.

Seperti nilai GI, nilai-nilai Beban Glikemik (Glycemic Load/GL) berguna untuk membantu orang mengidentifikasikan jenis dan jumlah makanan yang akan memproduksi reaksi glukosa darah yang lebih rendah setelah konsumsi - sebuah pertimbangan penting bagi penderita diabetes dan mereka yang berisiko. Nilai GL 10 atau kurang adalh nilai GL rendah; diantara 11-19 adalah nilai GL menengah; dan nilai GL diatas 20 adalah nilai GL tinggi. Satu porsi (18 gram) NutriShake terbukti memiliki GL rendah, yaitu 1.6.

No comments:

Post a Comment