Manfaat Omega 3 dan Omega 6

 Omega-3
Omega-3 adalah asam lemak esensial . Tubuh kita membutuhkan asam lemak agar metabolisme tubuh bekerja baik. Asam lemak esensial seperti ALA, DHA dan EPA tidak diproduksi oleh tubuh, kita memerlukan asupan lewat makanan atau suplemen. Tubuh dapat memperoleh asupan DHA dan EPA melalui makanan atau melalui konversi dari ALA menjadi DHA atau EPA. Bila proses konversi tidak maksimum, maka kita membutuhkan asupan makanan atau suplemen yang mengandung EPA dan DHA.

Omega-3 adalah jenis asam lemak yang mengandung EPA dan DHA. Omega-3 bermanfaat untuk:
  • Menurunkan kadar triglyceride .
  • Meringankan sakit sendi dan mencegah pembengkakan
  • Mengurangi depresi.
  • Baik untuk perkembangan otak dan mata (cocok untuk ibu hamil)
  • Mengurangi risiko alzheimer dan dementia.
Omega-6
Tak jauh berbeda dengan Omega-3, Omega-6 juga lemak tak jenuh ganda yang tidak diproduksi tubuh.  Jenis asam lemak ini antara lain asam linoleat, gamma-linoleat dan asam arakidonat.

Manfaat:
Tentu setiap orang ingin jantungnya sehat dan Omega-6 memiliki peran dalam hal itu.  Manfaat Omega-6 yang menyehatkan organ jantung menjadi penting bila ingin terhindar dari penyakit jantung.

Dalam beberapa literatur disebutkan, asupan asam lemak  omega-6 juga harus diseimbangkan dengan asam lemak esensial lainnya yakni omega-3. Menurut para ahli, asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki fungsi yang saling berkaitan. Keduanya bekerja bersinergi memelihara kesehatan kulit, kuku, rambut, hormon, meringankan gejala asma, serta mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker.


Jadi..Sudah cukupkah asupan omega-3 dan omega-6 Anda?

No comments:

Post a Comment